Tips dan Trik || Cara Cepat Membersihkan Lampu Mobil Yang Kuning Dan Kusam

Semua mobil bila sudah berusia 5 tahun lebih pasti mengalami masalah terutama pada bodi mobil beserta aksesorisnya. Yang dulunya bersih mengkilappun sekarang menjadi kusam dan kotor. Satu diantaranya adalah lampu depan mobil atau headlamp. Masalah yang sering kita jumpai pada lampu depan adalah mika pada kaca lampu mulai menguning dan kusam bahkan didalam lampu mobil sudah mulai kotor.

Kaca mobil yang menguning atau kusam sebenarnya mudah dibersihkan sendiri bila sobat tahu caranya. Tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk membawa ke bengkel body repair pastinya ngirit ongkos dah heheheeee...  Nah.. bagaimana cara membersihkan lampu mobil yang kuning dan kusam??
Simak tips cara membersihkan lampu mobil yang kuning dan kusam berikut ini sampai habis untuk menemukan jawabannya ya.

Agar lampu mobil kembali terlihat bersih dan jernih maka, sobat bisa menerapkan 4 cara membersihkan lampu mobil yang kuning dan kusam dengan benar. Sudah siap untuk segera membersihkan lampu mobil Anda yang kekuningan dan buram? Yuk siapin bahannya dan segera memulainya.

Tahap Ke 1. Mencuci Lampu Hingga Bersih.

Pada tahap pertama ini, anda harus mengetahui sebab-sebab dahulu  kenapa lampu mobil menjadi kuning dan kusam apakah itu karena debu ? terkena goresan ? Atau karena akhibat dari proses oksidasi sehingga kaca lampu mobil menjadi berkabut, kusam, buram, dan tidak jernih atau sobat  minim perawatan pada lampu mobil.

Untuk mengetahui penyebab lampu anda menjadi kuning atau kusam, sobat bisa mencuci terlebih dahulu lampu mobil yang kuning dan kusam. Alangkah baiknya sobat mencucinya sampai bersih dengan air hangat dan menggunakan shampo khusus mencuci mobil. Setelah itu keringkan menggunakan kanebo dan lap kering untuk menghindari jamur pada lampu mobil.

Tahap Ke 2. Pengamplasan.

Setelah dibersihkan sobat bisa melakukan tahap pengamplasan pada lampu yang kuning dan kusam menggunakan amplas halus nomor 2000 perlu diingat gunakanlah amplas air yang dijaul ditoko cat terdekat. Bersihkan kembali lampu mobil menggunakan air dan basahi juga amplas dengan air kemudian amplas secara perlahan bagian lampu yang menguning. Ulangi pengamplasan hingga noda kuning pada lampu hilang. Untuk menghindari cat mobil tergores amplas sobat bisa menutupi cat mobil dekat lampu menggunakan isolasi kertas.

Tahap Ke 3. Menggunakan Kompon

Tahap selanjutnya untuk menghilangkan kaca mobil yang kuning dan kusam adalah dengan menggunakan kompon. Sobat bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
    • Pertama cuci terlebih dahulu lampu yang kuning tersebut menggunakan air bersih dan shampo. Tujuanya adalah untuk menghilangkan noda-noda dan kotoran yang menempel pada lampu mobil agar mempermudah saat pemolesan lampu tersebut.
    • Kemudian oleskan kompon secukupnya ke bagian lampu yang kuning tersebut, kemudian gosok menggunakan kain yang halus atau sobat bisa menggunakan kain microfiber yang dijual ditoko cat terdekat. Ulangi proses pengomponan hingga noda yang menguning atau kusam pada kaca lampu mobil benar-benar hilang.

    Tahap Ke 4. Menggunakan Pasta Gigi

    Cara membersihkan lampu yang menguning dan kusam yang terakhir adalah menggunakan pasta gigi. Caranya pun hampir sama dengan cara di atas namun, disini menggunakan pasta gigi. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan pasta gigi.

    • Bersihkan dahulu lampu mobil yang kusam menggunakan air bersih dan sabun supaya noda-noda hilang.
    • Kemudian keringkan menggunakan lap kering., setelah kering sobat bisa mengoleskan pasta gigi pada lampu yang menguning tadi sampai rata.
    • Gosok secara merata menggunakan kain microfiber dengan gerakan memutar. Sobat bisa mengulangi proses penggosokan hingga noda kuning pada lampu benar-benar hilang.

    Selain membuat mobil kurang enak dipandang karena lampu yang bewarna kuning, lampu yang sudah mulai kusam dan kuning juga akan menggangu sobat saat berkendara dimalam hariKarena lampu yang kusam akan menggurangi daya sinar lampu pada malam hari. Apalagi bila sobat berkendara saat terjadi hujan dimalam hari pula pasti akan menggangu pandangan sobat saat berkendara.

    Untuk menghindari lampu mobil yang mulai menguning dan kusam alangkah baiknya sobat melakukan perawatan-perawatan ringan agar lampu mobil tidak berubah menjadi kuning. Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati guys hehehe....

    Berikut ini adalah beberapa cara yang mudah merawat lampu mobil agar tidak cepat kuning dan kusam. Supaya performa lampu mobil tetap bersinar secara maksimal sehingga perjalanan anda menjadi nyaman terutama pada waktu  malam hari. Yuk kita simak berikut cara merawat lampu mobi. 

    1. Merawat Bagian Mika.

    Bersihkan lampu mobil bila kelihatan berdebu atau kelihatan kotor, bila dibiarkan kotoran dan debu yang menempel pada lampu mobil akan mengendap dan sulit untuk dihilangkan. Sobat juga bisa menggunakan wax untuk menambah kesan berkilau pada lampu anda.

    Bila berkendara saat musim hujan sebisa mungkin setelah selesai berkendara alangkah baiknya sobat langsung membersihkan lampu mobil dari air hujan menggunakan air yang bersih dan shampo kemudian sobat bisa mengeringkan menggunakan kain kering atau kanebo. Tujuannya adalah supaya lampu mobil tidak tumbuh jamur dan noda bercak air yang menggangu penampilam mobil sobat.

    2.  Selalu Parkir Mobil dalam Ruangan.

    Jangan biarkan mobil sobat parkir diluar ruangan dimalam hari selain membuat bodi mobil cepat keropos lampu mobil juga akan menjadi kuning karena embun mengandung zat asam yang tinggi.
    Bila sobat tidak mempunyai lahan parkir, sobat bisa menggunakan sarung bodi untuk menghindari embun dimalam hari.

    Siang haripun demikian jangan biasakan memparkir mobil ditempat yang panas. Karena, akan mengakibatkan bagian dalam lampu mobil akan mengembun. Selain membuat lampu mengembun panas mata hari langsung juga bisa membuat cat mobil cepat kusam. Sobat bisa mencari tempat yang teduh untuk menghindari panas matahari langsung.

    Demikian beberapa ulasan cara mengatasi lampu mobil atau head lamp yang menguning dan kusam. Serta beberapa ulasan cara merawat lampu mobil anda agar lampu selalu terlihat bersih dan terhindar dari noda kuning dan jamur pada lampu mobil anda. Semoga bermanfaat.

    Komentar

    Postingan Populer