Tips dan Trik || Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Goresan Pada Kaca Mobil

Cara menghilangkan goresan kaca mobil akibat wiper atau akibat benda lainnya yang bisa membuat goresan pada kaca mobil sebenarnya sangatlah mudah. Terutama bagi anda yang sudah berpengalaman dan menggetahui bagaimana cara menghilangkan goresan tersebut.  Kasus seperti goresan pada kaca mobil memang terlihat sangat sepele namun, kaca mobil yang tergores bisa menggurangi penampilan mobil anda. Kaca mobil yang tergores juga akan mempengaruhi nilai jual mobil anda jika suatu saat ingin berniat untuk menjualnya.

Namun anda tak perlu khawatir jika kaca mobil anda sekarang ini terdapat luka goresan. Disini saya akan berbagi tips bagaimana cara menghilangkan goresan pada kaca mobil akibat wiper yang bisa membantu anda.  Berikut ini adalah beberapa rangkuman dan teknik cara menghilangkan berbagai goresan pada kaca mobil anda. 

Baret atau goresan yang umumnya terjadi pada kaca mobil.

Sebelum anda mengetahui berbagai teknik cara menghilangkan goresan pada kaca mobil, alangkah baiknya anda terlebih dahulu mengetahui penyebab dan jenis goresan yang bisanya sering terjadi pada kaca mobil :

     1. Baret Akibat Power Window. Baret ini biasanya terjadi akibat naik turunya kaca mobil
         yang bisa membuat kaca mobil bagian samping anda tergores.
           
     2. Baret Akibat Wiper. Baret atau goresan yang satu ini diakibatkan oleh gerakan karet
         wiper secara terus menerus yang mengakibatkan pola yang akan terlihat seperti garis-garis
         halus pada kaca depan mobil anda. Tentu goresan akibat karet wiper tersebut akan mengganggu
         pandangan anda ke jalan depan karena bekas wiper akan mengakibatkan cahaya matahari     
         terpantul atau silau jika mengenai kaca mobil. Selain mengganggu pandangan anda goresan
         akibat karet wiper juga akan menganggu penampilan mobil anda.

         Faktor yang menyebabkan baret pada kaca mobil ini biasanya disebabkan oleh karet wiper  
         mobil yang sudah keras dan kaku atau juga dapat dikarenakan penggunaan wiper yang 
         salah. Alangkah baiknya jika karet wiper yang sudah keras atau karet sudah mati ada 
         baiknya anda segera mengganti karet wiper yang baru. 

    3. Baret Acak. Jenis goresan ini biasanya terlihat tidak beraturan bentuknya (acak). Beberapa
        yang dapat mengakibatkan goresan ini adalah pemakain alat pembersih kaca mobil yang
        tidak benar pada saat mencuci atau membersihkan kaca mobil dari debu, akibat terkena
        ranting, akibat benda yang bisa menggores kaca mobil atau akibat ulah orang yang sengaja 
        menggores kaca mobil anda.

Goresan sangat kecil.

Cara menghilangkan goresan pada kaca mobil akibat wiper ataupun akibat benda lainnya tergolong sangatlah mudah. Bila kaca mobil anda tergores atau baret sedikit cobalah beberapa cara dibawah ini untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil anda. Cara menghilangkan goresan pada kaca mobil adalah sebagai berikut :


1. Menggunakan Pasta Gigi.

Selain untuk membersihkan gigi pasta gigi juga bisa untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil. Disini pasta gigi yang dipakai adalah pasta gigi yang berwarna putih jangan menggunakan yang berbentuk jelly. Berikut ini adalah cara menghilangkan goresan menggunakan pasta gigi.


  • Ambil pasta gigi secukupnya kemudian oleskan ke kain yang halus dan lembut. disarankan menggunakan pasta gigi yang warna putih seperti merk pepsodent.
  • Gosokkan kain yang sudah diolesi pasta gigi tadi ke bagian kaca yang terdapat goresan. Ulangi proses penggosokan hingga goresan tersebut benar-benar hilang.
  • Setelah itu bersihkan sisa pasta gigi yang masih menempel pada kaca mobil dengan kain yang lembut.
  • Yang terakhir anda bisa mengoleskan cairan pembersih kaca agar kaca mobil anda nampak seperti baru.

         2. Menggunakan Cairan Amonia.

      Berikut ini adalah cara menghilangkan goresan pada kaca mobil menggunakan cairan amonia.

      • Campurkan sekitar 3 cangkir atau kurang lebih 1/2 liter air dengan 15 ml amonia (sekitar 1/2 ons) dan aduk hingga benar-benar menyatu.
      • Celupkan kain yang bersih dan halus kedalam cairan tersebut.
      • Kemudian gosokkan kain yang sudah dicelupkan tadi pada kaca mobil anda yang terdapat goresan dengan gerakan memutar.
      •  Setelah selesai penggosokan anda bisa membersihkan kaca anda menggunakan kain yang bersih.
      • Ulangi langkah-langkah diatas hingga goresan pada kaca mobil anda benar-benar hilang.

      Goresan Kaca Akibat Karet Wiper.

      Pada umumnya goresan akibat gerakan dari wiper saat dihidupkan merupakan baret atau goresan yang tipis. Namuin terkadang goresan akibat wiper juga menimbulkan goresan yang cukup dalam bila karet wiper anda sudah keras atau karet wiper sudah mati.


      Untuk mengetahui goresan pada kaca mobil, anda dapat mencoba untuk meraba permukaan kaca depan mobil anda.  Selain diraba terasa ada tonjolan akibat goresan dari wiper dilihat dengan kasap matapun terlihat bila permukaan kaca mobil anda terdapat goresan. Nah untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil akibat wiper anda dapat mencoba beberapa teknik dibawah ini.

      Bahan-bahan yang Anda Butuhkan. 
      • Bubuk poles kaca atau cerium oxide.
      • Amplas air halus nomor 2000.
      • Isolasi kertas dan koran bekas.
      • Alat poles ( polish pad, bor pemoles, dan lain lainnya)
      • Jika anda tidak mempunyai mesin poles anda juga bisa melakukan poles manual menggunakan tangan.
      Langkah-langkah Untuk Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil. 
      • Langkah yanga pertama adalah cuci kaca mobil anda menggunakan air bersih dengan sabun atau shampo mobil hingga semua kotoran yang menempel benar-benar bersih supaya goresan pada kaca mobil semakin terlihat.
      • Gosokkan amplas nomor 2000 secara pelan-pelan dan hati-hati. Lakukan proses penggosokan hingga goresan yang ada pada permukaan kaca mobil anda hilang. Saat melakukan pengamplasan kaca harus dalam keadaan basah atau anda bisa mencelupkan amplas ke air terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar mengurangi panas yang diakibatkan dari gesekan amplas dan kaca mobil. 
      • Setelah itu bersihkan kaca mobil anda menggunakan kanebo hingga air pada kaca mobil anda benar-benar hilang dan kering.
      • Kemudian tempelkan koran pada semua pinggir kaca menggunakan isolasi kertas. Hal ini bertujuan agar bubuk kaca poles tidak mengenai bodi mobil anda. 
      • Campurkan bubuk poles kaca dengan sedikit air  lalu aduk semua bahan hingga menghasilkan campuran yang memiliki konsistensi sedang. Yang dimaksud dengan konsistensi sedang adalah adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental.
      • Oleskan kompon secara merata ke bagian kaca mobil kemudian anda siap untuk melakukan proses pemolesan. Lakukan pemolesan hingga kaca mobil anda benar-benar bersih dan goresan pada kaca tidak terlihat. Selain bisa menghilangkan goresan pada kaca mobil pemolesan juga bisa menghilangkan jamur pada kaca.
      • Bila anda tidak mempunyai alat poles anda bisa melakukan pemolesan dengan manual. Oleskan kompon pada kaca mobil kemudian gosok menggunakan kain yang halus dengan gerakan memutar. Ulangi proses penggosokan hinga kaca mobil anda benar-benar bersih. Beri tekanan pada saat menggosok agar cairan polish dapat masuk kedalamnya.
      • Setelah semua proses yang cukup panjang dan rumit selesai bersihkan sisa-sisa bekas polesan pada kaca mobil anda menggunakan kain yang kering dan halus.
      • Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa menyemprotkan cairan pembersih kaca yang dijual dipasaran.
        Hal Yang Anda Perlu Perhatikan.
      • Bila posisi wiper menganggu saat proses pemolesan, maka anda dapat mencopot wiper terlebih dahulu.
      • Bila cairan cerium oxide mengenai bagian bodi mobil anda, maka segeralah membilasnya dengan menggunakan air bersih hingga cairan cerium oxide hilang.
      • Segeralah lepas isolasi atau solatip dan koran setelah anda selesai proses pemolesan. Terkadang bekas lem isolasi masih menempel pada kaca mobil. Anda dapat menghilangkan lem tersebut menggunakan bensin, minyak kayu putih atau compon. 
      Anda pun juga dapat menghindari baret yang diakibatkan oleh wiper dengan cara-cara sebagai berikut.
      • Melakukan pengecekan karet pada wiper 6 bulan sekali. Bila karet wiper sudah keras atau rusak segeralah ganti dengan karet wiper yang baru.
      • Bila anda belum sempat untuk mengganti karet wiper, anda dapat melakukan teknik berikut. Siapkan serat yang agak kasar dan compound sedikit saja. Lalu gosokkan compound pada karet wiper dengan menggunakan serat. Hal ini untuk membuka lapisan baru pada wiper. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan karet kering. Hal ini cukup menahan karet kurang lebih selama satu bulan.
      • Satu lagi jangan lupa juga untuk melakukan  pengecekan pada pegangan karet wiper.  
      Nah bila anda tidak sempat untuk menghilangkan baret pada kaca mobil sendiri, anda padat membawa mobil anda bengkel spesialis kaca mobil untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil anda. Setelah sampai dibengkel kaca anda akan ditawarkan beberapa jenis pilihan untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil sesuai dengan jenis goresan atau baret tersebut.

      Harganya pun berbeda-beda tergantung jenis baret pada kaca mobil anda. Biasanya ongkos untuk menghilangkan baret pada kaca mobil dibengkel spesialis kaca kisaran Rp 100.000 bahkan yang paling mahal bisa sampai Rp 500.000. Untuk masalah waktu pengerjaanya pun juga bervariasi ada yang 1 jam selesai ada juga yang 3 jam baru selesai, ya tergantung berat tidaknya baret pada kaca mobil anda.

      Demikain beberapa ulasan cara menghilangkan baret pada kaca mobil yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah tanpa mengeluarkan ongkos untuk dibawa kebengkel spesialis kaca. 

      Sampai ketemu kembali di beberapa artikel selanjutnya dan semoga bisa membantu anda semua dalam menghilangkan baret pada kaca mobil

      Komentar

      Postingan Populer