Tips dan Trik || Cara Mudah Mengkilapkan Cat Mobil Yang Sudah Kusam Dan Pudar

Cara mengkilapkan cat mobil yang sudah mulai pudar dan kusam secara sederhana sangat membantu ketika mobil anda sudah berusia lebih dari 5 tahun. Merawat mobil tidak hanya sekedar berkaitan  dengan mesin mobil dan komponen-komponen yang mendukung dalam kinerja mobil anda. Namun penampilan bodi mobil juga harus anda perhatikan. Karena jika cat mobil anda sudah mulai kusam dan pudar tentu secara tidak langsung akan mengurangi penampilan mobil anda.

Kondisi cat mobil yang masih baru tentu masih bagus terutama pada cat mobil yang masih mengkilap. Namun seiring dengan berjalannya waktu tentu kondisi cat mobil anda lama kelamaan akan mulai kusam dan pudar. Tentu sobat semua tidak menginginkan cat mobil yang dulu mengkilap berubah menjadi kusam dan pudar. Banyak hal atau perlakuan anda yang dapat membuat kondisi cat menjadi kusam ataupun kurang mengkilat, antara lain adalah :
  • Polusi udara.
  • Kotoran burung atau serangga yang menempel pada cat mobil.
  • Pemoles mobil yang menggunakan bahan-bahan abrasive.
  • Memarkir mobil dibawah terik matahari.
  • Saat malam hari mobil selalu terkena embun malam.
  • Dan masih banyak lainya.

Bila anda ingin membuat bodi mobil anda selalu tampil mengkilap, maka hal yang perlu anda lakukan pertama kali adalah dengan mengetahui tipe dan jenis cat mobil yang anda gunakan. Dengan mengetahui tipe dan jenis cat, anda dapat mengetahui jenis perawatan mana yang cocok untuk mobil anda gunakan. Pada dasarnya, tipe cat mobil yang digunakan terbagi menjadi tiga jenis, antara lain :

1. Nitro Celulose (NC).

Jenis cat ini biasanya digunakan pada mobil keluaran tahun 80-an. Tipe cat ini biasanya memang tidak stabil pada warna serta kilap nya sehingga anda harus sering untuk memolesnya. Jika mobil anda menggunakan jenis cat ini, maka anda perlu merawatnya dengan obat poles yang berbahan dasar silikon. Produk yang bisa anda gunakan adalah Amway Silicon Glaze.

2. Nitro Celulose Modified.

Jenis cat NC Modified ini biasanya digunakan pada mobil-mobil keluaran tahun 90an. Sebenarnya bahan dasar dari cat mobil ini hampir sama dengan jenis NC biasanya, Namun pada NC Modified sudah terdapat bahan tamabahan yaitu bahan hardener yang membuat warna cat menjadi lebih kuat. Untuk perawatan yang tepat, anda dapat menggunakan bahan yang sama yang digunakan pada jenis NC biasa.

3. Polyurethane (PU). 

Jenis cat yang terakhir atau yang ketiga adalah polyurethane (PU) atau disebut juga dengan cat bakar. Ternyata tidak hanya sate yang dibakar cat pun juga dibakar hehee๐Ÿ˜๐Ÿ˜  Bukan catnya langsung bibakar diatas bara api seperti sate looo guys, tapi itu hanya istilah atau nama lain dari cat PU. Cat PU atau cat bakar pada umumnya bila disemprotkan menggunakan spray gun bila tidak dipernis hasil catnya akan menjadi doof beda dengan cat biasa tanpa diclear atau pernis akan tetap mengkilap. 

Untuk merawat cat mobil jenis polyurethane (PU) akan lebih baik jika tidak menggunakan bahan-bahan dengan dasar silikon, namun sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan perawatan yang berdasar organik. Bahan yang paling cocok digunakan adalah bahan carnauba. Namun banyak pula pilihan produk lainnya yang bisa anda gunakan, yang pasti jangan sampai produk perawatan yang anda gunakan berbahan dasar silikon.

Lalu bagaimana cara mengkilapkan cat mobil yang sudah mulai kusam dan buram agar  tetap dalam kondisi yang baik ? Nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri dirumah:

       1. Lakukan Pemolesan Pada Bodi Mobil.

Langkah yang pertama adalah anda bisa melakukan polishing pada bodi mobil anda yang sudah mulai kusam dan pudar. Sebelum melakukan pemolesan anda terlebih dahulu harus membersihkan bodi mobil dari debu dan kotoran agar mempermudah saat melakukan pemolesan.

Setelah bersih, oleskan rubing kompon secukupnya pada permukaan cat mobil kemudian anda bisa melakukan pemolesan menggunakan mesin polishing. Lakukan pemolesan hingga cat mobil anda menjadi mengkilap seperti baru. Namun perlu anda ingat, jangan melakukan pemolesan secara terus menerus karena akan mengikis cat mobil anda. Cukup lakukan pemolesan saat mobil anda mulai kusam dan cat sudah memudar.

2. Gunakan Wax.

Bila anda ingin membuat mobil mengkilap tanpa perlu membuat permukaan cat dapat terkikis, anda dapat menggunakan wax karena dirasa lebih aman.  Nah... berikut ini adalah langkah-langkah cara mengkilapkan mobil yang sudah kusam dan buram menggunakan wax.

  1. Pastikan bila anda meletakkan kendaraan anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  2.  Yang ke 2 cuci mobil anda menggunakan shampo mobil hingga semua debu dan kotoran yang menempel hilang semua. Untuk menghindari jamur dan bercak air, setelah selesai mencuci segera keringkan mobil anda menggunakan kanebo hingga semua air pada seluruh bagian mobil benar-benar kering dan hilang.
  3. Siapkan wax, obat poles, spons, dan kain lembut yang bersih atau microfiber. Anda bisa  menggunakan merk turtell wax, 3 m premium wax dll. Yang dijual di toko-toko cat terdekat ataupun juga bisa beli di toko-toko online.
  4. Oleskan obat poles pada spon ( jika anda menggunakan obat poles cair ). Kemudian gosokkan spon tersebut kebagian bodi mobil sampai rata dengan gerakan memutar. Setelah itu tunggu hingga  beberapa menit sekitar 5-10 menit.
  5. Setelah kering, anda dapat membersihkan sisa-sisa dari obat poles dengan menggunakan microfiber. Agar hasilnya dapat maksimal, anda dapat melakukannya hingga beberapa tahap jangan langsung menggunakan obat poles pada keseluruhan bodi mobil.
  6. Proses selanjutnya yaitu waxing, untuk proses ini sebenarnya hampir sama dengan proses mempoles dengan menggunakan obat poles namun proses waxing lebih ringan.
  7. Untuk bodi mobil yang tetap tampil mengkilap dan bebas dari jamur, akan lebih baik jika anda melakukan waxing minimal 1 kali dalam sebulan.
  8. Agar mobil anda tidak cepat kusam dan pudar anda bisa melalukan perawatan mobil dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat cat mobil anda agar tetap mengkilap setiap saat. 
      1. Hindari mobil anda terkena air hujan secara terus menerus. Jika mobil anda terkena air hujan segeralah cuci mobil anda menggunakan air bersih untuk menghindari mobil anda cepat kropos, anda bisa menyemprotkan air bersih ke bagian kolong mobil dan slebor dalam mobil hingga sisa-sisa air hujan benar-benar bersih. Jika anda tidak sempat untuk mencuci anda bisa mengeringkan sisa-sisa air hujan pada bodi dan kaca mobil anda menggunakan lap kanebo sehingga tidak menimbulkan jamur pada mobil anda.
      2. Sebisa mungkin jauhkan mobil anda dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menempel akan mengakibatkan cat mobil anda tergores, Alangkah baiknya jika mobil anda lama tidak terpakai anda bisa memarkirkan mobil anda didalam ruang. Jika tidak memiliki cukup ruangan untuk memarkirkan mobil, anda bisa memakai sarung bodi untuk melindungi mobil anda terkena debu.
      3. Hindari penggunaan cat, obat, shampoo dan apapun yang terkait dengan perawatan mobil yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengikis permukaan cat mobil anda.
      4. Yang terakhir hindari hal-hal yang dapat merusak cat mobil seperti pada saat pengisian air aki ataupun oli rem. Kedua bahan ini sangat berbahaya bagi cat mobil anda.
      Nah.... itulah beberapa cara mengkilapkan mobil yang sudah kusam dan pudar. Semoga artikel diatas bisa membantu anda semua. 

      Sampai jumapa diartikel selanjutnya.

Komentar

Postingan Populer